KonservasiReferensi

Peminimalan Pemanasan Global

Proses pemanasan global dimulai dengan radiasi matahari. Ada beberapa gas di atmosfer bumi yang bertanggung jawab menahan panas ini. Beberapa dari gas ini disebut gas rumah kaca yang meliputi uap air, karbon dioksida, ozon, metana, dan dinitrogen oksida. Gas-gas ini dapat digunakan sebagai ‘selimut’ yang melindungi bumi. Pemanasan global atau global warming ini tentunya berdampak merugikan bagi warga bumi. Sebagai contoh sederhana, pemanasan global menciptakan gletser cair dan menyebabkan daratan berubah menjadi laut seiring dengan peningkatan volume air. Terdapat beberapa penyebab terjadinya pemanasan global, diantaranya adalah:

  1. Gas industri juga merupakan salah satu penyebab pemanasan global. Meski begitu, memiliki satu masih di luar jangkauan orang kebanyakan. Gas industri menyebabkan polusi udara. Terutama karena asap di pabrik sangat tinggi dan tidak dapat tertampung dengan baik. Kandungan karbon yang dihasilkan oleh aktivitas industri telah 412 ppm selama 150 tahun terakhir. Karbon dioksida, metana, dan nitrogen oksida telah meningkatkan suhu bumi selama 50 tahun terakhir.
  2. CFC merupakan salah satu penyebab pemanasan global yang sulit dihindari. CFC adalah bahan kimia yang digabungkan dengan barang rumah tangga. Penggunaan yang berlebihan dan tidak teratur akan berdampak negatif pada lingkungan, seperti pemanasan global.
  3. Hutan yang semakin menyempit.
  4. Penggunaan tisu yang berlebihan dan tidak terkontrol.
  5. Penggunaan bahan bakar bensin.
  6. Penggunaan listrik yang tidak disesuaikan dengan kebutuhan.
  7. Adanya polusi metana yang berasal dari bahan-bahan organik.
  8. Efek rumah kaca.
  9. Adanya gas karbon monoksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.
  10. Perilaku konsumtif.
  11. Sammpah plastik yang tidak terkendali yang dapat memberikan gas metana dan etilen saat terkena sinar matahari dan mengakibatkan kerusakan. Gas metana alam atau buatan dikatakan sebagai penyebab utama perubahan iklim.

Berikut adalah cara yang digunakan untuk meminimalkan adanya pemanasan global akibat dari beberapa penyebab di atas, diantaranya:

1. Menanam Pohon

Tanamlah pohon sebisa mungkin. Selama fotosintesis, pohon dan tanaman lain menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.

2. Mengurangi penggunaan AC

Penggunaan dan pembuatan peralatan AC telah meningkatkan perubahan iklim. Senyawa organik hidrofluorokarbon adalah pendingin utama yang digunakan dalam peralatan AC. HFC adalah gas rumah kaca yang jauh lebih kuat daripada karbon dioksida.

3. Hemat Listrik

Mematikan lampu saat keluar ruangan dapat menghemat listrik dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Juga matikan barang elektronik lainnya seperti televisi, kipas angin, stereo dan komputer saat Anda tidak menggunakannya.

4. Mengurangi Penggunaan Pemanas Air

Cara mencegah pemanasan global yang paling sederhana adalah menghemat listrik. Atur pemanas air pada 120 derajat untuk menghemat energi dan dapat mengurangi 350 pon karbon dioksida per tahun.

5. Membeli Barang Hemat Energi

Peralatan rumah sekarang hadir dalam berbagai model hemat energi. Beberapa produk elektronik seperti AC, dan mesin cuci juga banyak tersedia dalam bentuk hemat energi.

6. Reduce, Reuse, dan Recycle

Reduce, Reuse, Recycle adalah langkah sederhana untuk mengurangi pemanasan global. Reduce adalah aktivitas seminimal mungkin menggunakan produk dalam kemasan, terutama plastik. Tindakan ini juga akan membantu mengurangi limbah. Pengurangan juga dapat dilakukan dengan membeli produk yang dapat digunakan kembali daripada yang sekali pakai. Reuse adalah ukuran menggunakan kembali benda-benda bekas seperti kantong plastik atau botol plastik. Sedangkan daur ulang adalah kegiatan mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi menjadi berguna lagi, Anda dapat mendaur ulang kertas, plastik, koran, kaleng kaca dan sampah lainnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

7. Penggurangan Penggunaan Kendaraan Pribadi

Mengurangi berkendara dengan kendaraan pribadi berarti lebih sedikit emisi. Pemanfaatkan angkutan umum atau menggunakan kendaraan bersama-sama adalah salah satu solusinya.

8. Menjadi Pembeli Yang Bijak

Membeli barang dengan bijak memungkinkan Anda berbelanja lebih cerdas untuk mengurangi pemborosan. Gunakan produk ramah lingkungan dari produsen yang juga mendukung kelestarian lingkungan. Hindari penggunaan plastik yang berlebihan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menyediakan barang bekas yang juga dapat mendukung siklus ekonomi melingkar.

(Sumber: https://hot.liputan6.com/read/4370943/11-penyebab-pemanasan-global-begini-proses-dan-cara-mencegahnya)