Gunung Hutan

Tips dan Trik Menjernihkan Air Menggunakan Botol Bekas

Penjernihan air sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal kita, seperti botol bekas, wadah, pipa, ember dan lain sebagainya, namun juga perlu diperhatikan kebersihan alat dan bahan yang akan digunakan untuk penjernihan air ini. Manfaat penjernihan air tentu saja sangat banyak seperti menurunkan tingkat kekeruhan air atau menjernihkan air, menurunkan dan mematikan mikroorganisme, menurunkan bau, rasa dan warna bahkan juga dapat menurunkan zat, atau unsur-unsur yang terlarut dalam air tersebut.

Kali ini kita akan menjernihkan air menggunakan botol bekas yang tentunya sangat mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal kita. Meskipun dengan menggunakan cara ini kita tidak akan mendapatkan kualitas air yang bagus, tetapi hal ini dapat dimanfaatkan ketika kita dalam keadaan terdesak. Untuk proses penjerihan air menggunakan botol bekas yang pertama siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, yaitu:

  1. 1 buah botol
  2. 1 tutup botol
  3. Kapas
  4. Pasir
  5. Gunting
  6. Paku

Langkah pertama belah botol menjadi dua bagian, selanjutnya pasang tutup botol yang sudah dilubangi menggunakan paku dan susun botol dengan bagian botol yang terdapat tutupnya dengan arah ke bawah seperti video diatas. Masukkan kapas sebagai lapisan dasar penyaringan, usahakan menutupi seluruh permukaan bagian bawah, kemudian masukkan pasir sebagai lapisan atas sampai hampir memenuhi bagian botol. Sisakan ruang untuk tempat menampung air agar tidak tumpah, selanjutnya alat ini dapat langsung digunakan. Pada video di atas air yang akan dijernihkan adalah air kolam ikan, ketika diuji terdapat perbedaan pada warna dan juga tingkat kekeruhan air tersebut yang semula keruh kecoklatan menjadi lebih bersih dan jernih.

Untuk cara penjernihan air menggunakan botol bekas klik link di bawah ini:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *